Monday 30 March 2015

TRIP TO KETAPANG KALIMANTAN BARAT PART 1

Bertepatan tanggal 10 Oktober 2014 kemarin, saya berkesempatan berkunjung ke kota Ketapang, Kalimantan Barat. Kota Ketapang adalah salah satu Daerah Tingkat II di provinsi Kalimantan Barat. Ibu kota kabupaten ini terletak di Kota Ketapang, sebuah kota yang terletak di tepi Sungai Pawan. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 31.240,74 km² dan berpenduduk sebesar 427.460 Jiwa (2010).

Terdapat beberapa rute yang biasa dipakai untuk mencapai Kabupaten Ketapang dari Pontianak, diantaranya Sungai, Darat, dan Pesawat. Perjalanan darat dari Pontianak menuju Kabupaten Ketapang dapat ditempuh tidak sampai 10 jam perjalanan menggunakan sepeda motor, dan tidak berbeda jauh jika menggunakan roda empat / mobil. Rute ini ditempuh melalui jalur jalan Trans Kalimantan, yang nantinya jalan ini juga akan menghubungkan empat Ibu Kota Provinsi di Pulau Kalimantan yaitu Pontianak, Banjarmasin, Samarinda dan Balikpapan. Jika dilihat dari peta di bawah ini ada garis merah yang menunjukkan arah penghubung jalur tersebut.
Jika kita dari pontianak, mulai menuju sungai ambawang dan melaju ke arah Tayan, sampai di Tayan kita menyebrang dengan Feri ASDP ke Piansak, setelah itu langsung lenjutkan perjalanan menuju kecamatan Balai Bekuak, setelah sampai di Balai, disana ada SPBU jika ingin mengisi bahan bakar dan melanjutkan perjalanan ke kecamatan Aur Kuning dan Sandai, setelah sampai disandai kita dapat melanjutkan perjanan ke arah Kecamatan Nanga Tayap sekitar 45Km yang memakan waktu kurang lebih 30 menit. Setelah sampai di Kecamatan Nanga Tayap nantinya kita akan menemukan persimpangan.
Jika anda berniat untuk istirahat dan melanjutkan perjalanan esok harinya, di Nanga Tayap menyediakan beberapa tempat untuk menginap, salah satu Penginapan yang ada di Kecamatan Nanga Tayap adalah Penginapan / Losmen Cermai Nanga Tayap karena lokasinya berada ditengah-tengan kecamatan, dimana terdapat Kamar dengan fasilitas yang lumayan.
Kemudian untuk menuju ke arah ketapang maka kita harus ambil arah belok ke kanan. dari Nanga Tayap ada dua rute yang bisa dilalui agar sampai di Ketapang. Rute pertama yaitu lewat jalan Tangjungpure, jalur ini jika cuaca cerah perjalanan dapat ditempuh dalam waktu 2jam sampai ketapang, jalur inilah yang biasa digunakan oleh masyarakat setempat untuk menuju Ketapang. Kemudian jalur kedua yaitu lewat jalan Siduk yang dapat ditempuh dalam waktu 3-4 jam, jalur ini yang biasa digunakan jika cuaca dalam keadaan musim penghujan, hal ini dikarenakan jalan Tanjungpure sulit dilalui karena medannya merupan tanah berpasir, sehingga susah untuk dilalui saat musim penghujan.

Kebetulan kemarin saya menggunakan transportasi sungai yaitu dengan menggunakan KLOTOK ( kapal kayu) yang berada di pelabuhan Rasau, Kabupaten Kubu Raya. Untuk mencapai pelabuhan Rasau, diperlukan waktu sekitar 1-2 jam dari Pontianak Kota. Dengan memakai sepeda motor, saya dan teman saya berhasil mencapai Pelabuhan Rasau -+ 2 jam. Sekitar pukul 4 sore, klotok berangkat dari pelabuhan rasau jaya. Perlu untuk teman semua ketahui, biaya naik klotok untuk satu orang adalah 60 ribu rupiah, karena saya membawa sepeda motor dan teman saya, jadi total biaya yang kami bayar adalah !80 ribu, sepeda motor dikenakan biaya 60 ribu.

Selain Klotok, teman teman juga bisa menggunakan Feri penyeberangan. tapi karena pas saya sampai ke pelabuhan rasau klotok yang tersedia sudah mau berangkat, jadi saya tidak mau menunda lagi untuk menunggu. Klotok ini nantinya akan merapat ke Pelabuhan Teluk Melano. Dari teluk melano ke kota ketapang diperlukan waktu -+ 3-4 jam , well, butuh perjuangan yang ekstra yah. hehe
Senja pun datang, mesin klotok sudah dinyalakan, andddddd, here we go. maaf, saya tidak sempat berfoto ketika klotok lepas landas, hehe. dalam perjalanan ke pelabuhan teluk melano, klotok beberapa kali singgah, pertama singgah di Kubu, biasanya dimanfaatkan penumpang untuk pipis, beli makan, atau minuman, sekitar 15 menit berhenti di Kubu, klotok pun lepas landas lagi, persinggahan berikutnya adalah Pelabuhan Batuampar, saya sampai di Batuampar sekitar jam 12 malam.

( karena malam, saya cuma bisa fotoin plang dermaganya aja )
sekitar pukul 4 subuh, saya sampai di pelabuhan teluk melano dengan selamat sentosa, alhamdulillah. setelah sepeda motor diturunkan dari klotok, saya dan teman saya lanjut tancap gas ke teluk melano, perjalanan memakan waktu 2 jam untuk mencapai teluk melano dengan sepeda motor, disana saya mnginap dirumah teman saya yang bersama saya , karena ajakannya lh saya mau berkelana ke bumi Ketapang ini.saya berada di Melano sekitar 3 hari, tempat yang asri, hijau dan lumayan banyak objek wisatanya. check this out...........................

Masih banyak foto foto lainnya yang tidak sempat saya posting ke sini.
foto ini saya ambil di hari pertama saya di teluk melano. 3 hari berikutnya saya berangkat ke Kota ketapang.  silahkan baca part 2 nya yaaaaa.